MOSAIC ON VACATIONS FEB UNAIR 2018

  • By Mosaic FEB Unair
  • In MOSAIC News
  • Posted 08 Oktober 2018

“ Dan orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan, sebagian dari mereka menjadi penolong bagi yang lainnya. Mereka menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, mendirikan sholat, menunaikan zakat dan mereka taat kepada Rasul-Nya. Mereka diberi rahmat oleh Allah dan sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. At Taubah: 7)

Mosaic on Vacation (MoV) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh gabungan dari divisi PSDM (Pengembangan Sumber Daya Muslim) dan biro MDPR MOSAIC (Moslem Students Association of Economic and Business Faculty) untuk mengadakan suatu kunjungan kerja eksternal dan studi banding untuk menyambung dan mengeratkan Ukhuwah Islamiyah  antar sesama pengurus MOSAIC dengan Sie Kerohanian Islam di luar Surabaya. Selain kunjungan kerja, di dalam serangkaian acara MoV ini juga di agendakan rihlah (Arab: الرحلة‎, arti literal "Perjalanan") ke salah satu tempat rekreasi untuk mentaddaburi alam sekaligus bertujuan untuk mengurangi penat dari aktivitas keorganisasian.

MoV ini dilaksanakan di tengah kepengurusan MOSAIC yang tepatnya pada hari Minggu, 22 September 2018 di Kota Malang, Jawa Timur. Pada periode ini studi Sie Kerohanian Islam di luar Surabaya dilaksanakan di SKI Forstilling Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Brawijaya, Malang. Kegiatan ini diadakan juga sebagai studi banding yang membahas mengenai problematika dakwah kampus beserta cara dan teknik menyebarkan dakwah di kalangan civitas akademika kampus. Dalam mengawalinya, dibuka dengan perkenalan antar MOSAIC dan Forstilling FEB UB kemudian dilanjutkan oleh pembahasan problematika dakwah antar setiap yang dikemas dengan forum group discussion. Dari kegiatan ini dapat merekatkan ukhuwwah Islamiyah antara MOSAIC dan Forstilling FEB UB serta meningkatkan iklim Islami yang kuat bukan hanya sekedar saling mengenal satu sama lain namun juga dapat saling memahami dan saling meringankan beban antar sesama dengan bertukar ilmu, dan pengalaman dalam usaha dakwah di lingkungan civitas akademika kampus.

Selain acara kunjungan kerja eksternal dan studi banding dengan SKI FEB UB, MOSAIC juga melaksanakan rihlah atau perjalanan ke Batu Night Spectacular (BNS) yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur yang bertujuan sekaligus untuk meringankan penat di tengah-tengah kepengurusan organisasi.   Dalam perjalanannya dan realisasi kegiatan rihlah ini juga diselipkan ice breaking dalam bentuk games sederhana yang menarik menghibur serta memiliki esensi tentang persaudaraan. Hal ini dimaksudkan untuk mempererat keharmonisan dan kekompakan anggota internal MOSAIC sendiri. Selain diadakan games juga ada sedikit penyampaian materi oleh Dewan Kaderisasi MOSAIC atau Ketua Umum dan Ketua Divisi MOSAIC 2016 tentang pentingnya menjaga ukhuwah dan kekompakan internal yang dimaksudkan sebagai nasehat agar kader yang akan meneruskan tali estafet dakwah dapat mewujudkan MOSAIC lebih baik lagi kedepannya.

Seiring perkembangan zaman yang semakin terseret arus globalisasi, menyebabkan semakin sedikit manusia yang sadar tentang pentingnya menjaga agama dan keimanan. Problematika dakwah menjadi semakin kompleks di era globalisasi ini namun tidak bisa dijadikan alasan untuk menurunkan semangat dakwah di kalangan Lembaga Dakwah Kampus dalam menegakkan  agama Allah, menyeru pada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar kepada civitas akademika kampus. “Akan datang kepada manusia suatu zaman, orang yang berpegang teguh pada agamanya seperti orang yang menggenggam bara api.” (HR. Tirmidzi no. 2260)

Penulis: Reza Rahmania Putri

Tags :
Hits 39